Latest Updates

Penyakit Cardiovascular mengancam para perokok

cardiovascular_427x500 Rokok memang menyebabkan penyakit bagi pengkonsumsinya. Hal ini dapat dilihat dari elemen-elemen penyusun rokok yang memang merusak. Misalnya saja ketika mata terkena asap rokok, pasti rasanya oedih sekali. dan rokok ini sangat tidak baik untuk Kesehatan Jantung.
Bagi para perokok yang masih aktif dalam kebiasaannya ada hal yang perlu diketahui yaitu tentang cardiovascular. Cardiovascular adalah sebuah sebutan untuk penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembulu darah misalnya, serangan jantung, stroke, hipertensi, dan lain-lain. Dan sayangnya, perokok mempunya resiko yang lebih besar daripada yang tidak merokok. Berikut ini adalah uraian penyakit cardiovascular dan penyebabnya
.

Serangan Jantung Koroner

Salah satu penyakit yang termasuk dalam Cardiovascular adalah penyakit jantung. Penyakit ini sangat populer dikalangan orang-orang indonesia. Banyak orang yang mati karena Serangan Jantung koroner ini. Dan penyakit ini akan selalu membayang-bayangi para perokok sebelum mereka berhenti merokok.
Pertama-tama mari kita pahami dulu bagaimana penyakit jantung membunuh manusia.
Seorang penderita penyakit jantung akan mengalami nyeri pada bagian dada dan bahkan bisa menjalar ke lengan. Hal ini disebabkan adanya penyumbatan pada arteri koroner. Arteri Koroner merupakan jalur arteri yang memasok darah ke jantung. Penyumbatan pada arteri koroner terjadi karena meluruhnya timbunan lemak dan sel-sel darah putih yang berada pada dinding arteri sehingga pecahan lemak dan sel-sel darah putih mengendap membentuk bekuan darah. Jika bekuan darah cukup besar, otomatis akan menyumbat Aliran darah pada arteri koroner tersebut. Dan Penyumbatan ini yang menyebabkan penyakit jantung.
Penyakit ini selalu membayangi para perokok karena mereka mengkonsumsi nikotin  yang ada di dalam rokok. Nikotin menyebabkan tekanan darah naik sehingga jantung bekerja lebih keras. Jantung yang bekerja lebih keras akan menyebabkan kekakuan/pengerasan pada pembuluh darah. Dan otomatis potensi untuk mengidap penyakit jantung koroner akan lebih besar. Jika ada ingin lebih jelas mengenai penyakit Jantung Koroner  anda bisa klik linknya.

Hipertensi

Hipertensi dapat diartikan sebagai tekanan darah tinggi dan resikonya adalah kematian.
Perokok juga punya kemungkinan lebih besar untuk menderita Hipertensi daripada orang yang tidak merokok karena rokok memicu kinerja jantung untuk bekerja lebih keras.

Cerebrovascular

Cerebrovascular adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada sistem pembulu darah yang menyuplai darah ke otak. Gangguan ini terjadi karena ada masalah dengan tekanan darah. Dan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan penyakit cerebovascular.
Hipertensi dapat menyebabkan penyempitan bahkan sobekan pada pembuluh darah. Karena itu, hipertensi dikatakan sebagai penyait yang berbahaya. Dan perokok mempunya kemungkinan lebih besar untuk terjangkiti hipertensi daripada yang tidak merokok. Jika anda ingin memngetahui lebih banyak tentang Hipertensi, silahkan klik lingknya.

Vascular Perifer

Penyakit vascular perifer adalah penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada pembuluh darah yang menyuplai darah ke bagian kaki dan tangan. Penyumbatan ini menyebabkan rasa nyeri pada kaki atau tangan ketika berjalan, bahkan ketika kita beristirahat juga bisa saja muncul. Jika ada tanda-tanda yang demikian maka ada kemungkinan untuk terjadi penyumbatan lain. Penyumbatan lainnya bisa terjadi di otak, jantung dan lain-lain.

Gagal Jantung

Gagal jantung pada dasarnya merupakan penyakit yang disebabkan karena jantung tidak mampu lagi menyuplai darah yang cukup keseluruh tubuh. Penyebabnya macam-macam, salah satunya hipertensi. Apa akibatnya jika kita terkena gagal jantung. Akibatnya adalah mati. Bahkan mati mendadak. Jadi, sekali lagi bagi para perokok, segera hentikan kebiasaan buruk anda. Sayangi Jantung anda.
Masih ada banyak penyakit-penyakit cardiocascular, tapi 4 macam penyakit yang telah disebutkan di atas adalah penyakit-penyakit cardiovascular yang mengancam para perokok.
: Rujukan http://siswa.univpancasila.ac.id/irma/2011/12/27/penyakit-vaskular-perifer/
: Rujukan : Anneahira.com
: Sumber gambar : http://agi.seaford.k12.de.us/sites/dhammaker/anatomy/Anatomy%20pics/cardiovascular_427x500.jpg

0 Response to "Penyakit Cardiovascular mengancam para perokok"

Post a Comment