Latest Updates

Masalah Lingkungan adalah Masalah Sistemis

Keadaan lingkungan di Indonesia yang menyedihkan bukan sekedar masalah yang dapat langsung diselesaikan dengan sekejap mata. ada banyak faktor yang mempengaruhi masalah ini seperti politik, ekonomi, budaya dan lain-lain.

Sekarang,  pertanyaannya, mengapa dapat terjadi kerusakan lingkungan, terutama pada hutan ? salah satu alasan yang menyebabkan demikian adalah terjadinya pembalakan hutan tanpa perhitungan yang matang. seenaknya sendiri, tidak memikirkan resiko bagi masa depan dan mementingkan kekayaan pribadi. Hal ini juga tidak lepas dari peran para elit politik yang korup. Mereka berkolusi untuk memperkaya diri.
Mengapa mereka bisa korupsi ? pertama memang keadaan yang menuntut mereka untuk korupsi. Kedua, para koruptor itu tidak mendapat pendidikan moral yang cukup. Baca Juga Peran Koruptor Terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup.
Kemudian, Jika dipikirkan lagi tentang moral koruptor, berarti kita sudah memasuki wilayah pendidikan. Yang jadi masalah adalah apakah pendidikan kita belum cukup baik untuk mengurangi jumlah karuptor di Indonesia. Saya amati, setelah yang koruptor yang satu tertangkap dan kasusnya mulai redup, muncul yang baru, muncul lagi, dan lagi.
Jika di pikirkan, masalah lingkungan hidup ini akan memiliki hubungan dengan bidang lain seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Sekali lagi, masalah lingkungan hidup adalah masalah sistemis yang dapat diselesaikan dengan melibatkan pemerintah.

Yang harus dilakukan adalah melakukan apa yang dapat kita lakukan. seseorang tidak akan dapat merubah apa yang ada di luar kendalinya. Yang dapat mereka rubah adalah sikap dan kebiasaan masing-masing. Dan perlu kita sebarkan opini tentang perbaikan lingkungan hidup melalui media apapun agar semakin banyak orang yang paham dan sadar pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.
sumber gambar : http://media.treehugger.com/assets/images/2011/10/slate-cartoon-trees-801.jpg

0 Response to "Masalah Lingkungan adalah Masalah Sistemis "

Post a Comment