Latest Updates

Masalah Pertanian di Indonesia

Di dalam Negara yang sumber daya alamnya melimpah ruah ini ada banyak sekali masalah-masalah sistemis yang perlu diselesaikan demi kemakmuran rakyatnya. Salah satunya adalah masalah lahan pertanian.

Di dalam sebuah buku “Pembangunan dan pertanian di Indonesia” setidak-tidaknya ada lima masalah yang sedang mencengkram pertanian di indonesia. Yang pertama, Masalah kepemilikan lahan tanah yang kurang mencukupi untuk menyanggga kehidupan para petani. Yang kedua, Masalah berkurangnya produktivitas tanah karena sering disirami pupuk kimia. Yang ketiga, Beralih fungsinya lahan pertanian menjadi lahan industri dan pemukiman. Yang keempat, Belum optimalnya pemetaan komoditi pertanian. dan yang kelima, Masih banyaknya lahan tidur.

Nah, kurang lebih seperti itulah masalah-masalah pertanian di Indonesia sehingga sampai saat saya menulis artikel ini, Indonesia masih mengimpor beras dari luar negeri.

Sudah ada tindak lanjut untuk menyelesaikan masalah seperti ini, tapi, sekali lagi masalah di dalam tataran negara sangatlah kompleks untuk diselesaikan butuh orang yang handal dan paham. maka dari itu, lakukan apa yang saat ini bisa kita lakukan, terutama para mahasiswa pertanian, mari kita buat indonesia menjadi negara agraris yang pangannya tidak lagi tergantung kepada asing.

0 Response to "Masalah Pertanian di Indonesia"

Post a Comment