Latest Updates

Akibat Kurang Tidur

Tidur itu merupakan sebuah kebutuhan bagi manusia karena tubuh manusia ini juga butuh istirahat dan perbaikan. Dan ketika tidur, tubuh manusia akan istirahat dan otomatis akan memperbaiki bagian-bagian atau sel-sel yang rusak. Hal yang buruk akan terjadi jika proses perbaikan ini diabaikan dan ditinggalkan.

Kemudian, Apa saja yang akan terjadi jika kita ini kurang tidur ?

Ada banyak hal yang terjadi, seperti pikun, sulit konsentrasi, stroke, diabetes dan lain-lain. Dan berikut ini adalah penjelasan lebih lanjutnya.

Berapa lama waktu tidur yang dibutuhkan manusia ?

Ada orang yang bilang, lama tidur yang ideal adalah 8 jam. Tapi, ada juga yang bilang ketika anda tidur 7 jam, 6 jam, 5 jam atau 4 jam sehari tidak akan bermasalah terhadap kesehatan anda, dan ini dinyatakan oleh pakar bernama Donald L Bliwise, PhD, dari Atlanta's Emory University. Jadi, keputusan ada di tangan anda. Menurut saya paling tidak anda habiskan 4 jam per hari dari waktu anda untuk tidur karena tidur itu kebutuhan manusia dan setelah itu habiskan sisanya untuk melakukan aktivitas-aktivitas anda. Kita tidur untuk hidup.

Penyakit apa saja yang akan diderita orang yang kurang tidur ?

Ada beberapa penyakit yang sedang mengintai para orang-orang yang kurang waktu tidurnya diantaranya

  • Diabetes, Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes pada tahun 2011, peneliti dari University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa ketika penderita diabetes tipe 2 tidak memiliki jam tidur yang mencukupi di malam hari, akan meningkatkan kadar glukosa dalam darah hingga 9 persen. Nah berdasarkan penelitian tersebut dapat kita simpulkan bahwa diabetas juga dapat disebabkan karena kurang tidur.

  • Kangker, Dalam sebuah studi terhadap 1.240 orang pada tahun oleh para peneliti dari Case Western University, menemukan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari berisiko menderita polip kolorektal yang dapat menjadi kanker hingga 47 persen dibanding orang yang memiliki jam tidur yang cukup.

  • Jantung, Tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan jantung Anda. Dalam jurnal Sleepyang diterbitkan tahun 2010, dicantumkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.
    Para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau ulang data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi yang dilakukan oleh National Health Interview pada tahun 2005. Berdasarkan tinjauan tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung.

  • Lesu, Lemas, Ini berdasarkan pengalaman saya, ketika anda kurang tidur, anda akan merasa tubuh anda sakit semua, pokoknya ndak enak rasanya, walaupun anda tidak merasa ngantuk. Dan kadang-kadang akan menyebabkan hidung anda keluar darah.

Nah, demikian tadi beberapa penyakit yang akan terjadi ketika seseorang kurang tidur. Dan memang pada dasarnya, waktu tidur manusia adalah waktunya tubuh beregenerasi. ketika tidur, tubuh memperbaiki dan mengganti sel-sel yang mati. Dan dengan mengganti sel-sel yang mati ini tubuh akan bisa beraktivitas dengan normal kembali.

0 Response to "Akibat Kurang Tidur"

Post a Comment