Latest Updates

3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan

Jika kita bicara soal penyakit katarak mata, maka kita sedang bicara penyakit mata yang paling sering menyebabkan kebutaan pada banyak saudara anda di Dunia. Banyak yang bilang, katarak akan menyerang setiap orang di masa tuanya. Katarak juga sering menyerang negara beriklim tropis. Mungkin, karena itu, Indonesia menjadi negara dengan penderita katarak mata terbesar se-Asia tenggara.
katarak mata
sumber gambar : ini-itu-bacadulu.blogspot.com

Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama bicara singkat soal apa yang disebut dengan katarak, apa gejalanya, dan bagaimana cara menyikapinya. 

Katarak mata akan menyababkan lensa mata tidak lagi bening dan tembus cahaya. Artinya, penderita katarak tidak akan dapat melihat dengan jelas, buram bahkan di sebagian kasus tidak buram, tapi, sangat keruh, sampai-sampai tidak dapat melihat sama sekali. Saat melihat, seperti melihat kabut. Sudah pernah membayangkan ? Sekarang, silahkan anda bayangkan. Itu bukan sesuatu yang nyaman.

Penyebab katarak sendiri adalah kekeruhan pada bagian lensa mata. Kekeruhan dapat disebabkan oleh Efek sekunder dari diabetes, Kecelakaan, Faktor usia, Faktor Genetika dan lain-lain.

Lalu, apa gejala-gejala yang tampak dan dapat kita lihat ?

Ada beberapa gejala yang dapat kita waspadai yaitu,
  • Penglihatan seakan-akan berkabut- Ini karena bercak putih yang muncul pada lensa. Jika lensa bening, maka pandangan akan jelas. Jika ada bercak putih, pandangan tidak akan jelas.
  • Pandangan ganda dalam satu mata- Pandangan berganda ketika melihat dengan satu mata saja. Ini juga tanda-tanda katarak.
  • Ada bercak putih pada daerah pupil (bagian warna hitam)- Bercak putih ini-lah yang menyebabkan lensa mata menjadi buram.
Kadang-kadang, di fase-fase awal, seorang penderita katarak sering ganti resep kacamata sebelum dia tau bahwa dia sedang menderita katarak. Selain itu, mereka juga sulit melihat di malam hari dan peka terhadap cahaya.

Seperti itulah gejala-gejala katarak yang perlu diperhatikan. Apa yang harus dilakukan ketika anda mengalami gejala-gejala di atas ? Jawabannya hanya satu, segera bawa ke dokter. Lebih cepat lebih baik. Katarak dapat disembuhkan, bahkan tanpa operasi jika belum terlambat. Dan akan benar-benar kehilangan pengelihatan ketika tidak ditangani dengan cepat.

Demikian kawan
Terimakasih atas kunjungannya :)

1 Response to "3 Gejala Katarak Mata yang Harus Diperhatikan"

  1. mata merupakan organ yang sangat penting, jadi menjaganya tetap sehat akan menghindarkan kita dari penyakit mata seperti katarak. nice info...

    ReplyDelete