Latest Updates

4 Cara untuk Membantu Selamatkan Bumi ini

Bumi itu tempat tinggal kita, ukuran yang sangat kecil jika di bandingkan dengan beberapa planet lainnya. Hanya bumi yang dapat kita tinggali. Sayangnya, banyak sekali yang lupa, secara sengaja atau tidak sengaja, manusia mulai merusaknya. Pembalakan liar, mencemari udara, air, tanah dan sebagainya. Mulai dari diri sendiri. Ada beberapa cara mudah untuk membantu mengurangi kerusakan yang terjadi.

  • Kurangi Mengendarai Kendaraan Pribadi. Jakarta, Surabaya, Malang dan kota-kota besar lainnya rawan dengan kemacetan. Berjam-jam menunggu antrian bukan hal baru. Tapi, mari kita perhatikan, berjam-jam di tengah kemacetan benar-benar membuat kita tidak produktif. Kepulan asap knalpot masing-masing kendaraan juga akan menambah sesak bumi kita dengan karbon monoksida, salah satu polusi udara yang sering terjadi di daerah kota. Dan jelas tidak baik untuk kesehatan manusia. Diantara kendaraan-kendaraan yang berjejer menunggu redanya kemacetan, tampak beberapa angkutan umum kota, dan yang lainnya adalah kendaraan pribadi manusia. Kita bisa mengandai-andai, sebuah bis kota dapat diisi sekitar 50 orang dengan panjang 13 meter dan lebar 3 meter. Dan kita juga mebayangkan sebuah mobil sedan atau yang lain (mobil pribadi) punya panjang sekitar 4 meter dan lebar 1.5 meter dan mobil ini bisa diisi 8 orang. Sekarang kita hitung-hitung, Dengan bis kota, kita bisa mengangkut 50 orang dan hanya menghabiskan 13 meter panjang jalan. Sedangkan dengan kendaraan pribadi 13 meter hanya dihabiskan oleh 24 orang saja, itupun jika mobil yang mereka pakai muat untuk diisi 8 orang. Bisa jadi, dengan mengurangi kendaraan pribadi di jalan raya. Kita bisa melihat jalanan yang tidak lagi sesak dengan kendaraan.
  • Hemat air, Sebagian daerah di Indonesia mempunyai air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Tapi, disebagian tempat yang lain, air merupakan suatu hal yang sangat langka dan berharga. Bahkan, Di desa Balane, suatu daerah di Sulawesi Tengah, Para warga harus naik turun bukit sejauh satu kilometer untuk mendapatkan air bersih. Bukan berarti hal yang sama tidak akan terjadi kepada kita.
  • Penghijauan di pekarangan. Pekarangan kosong di sebelah rumah bisa saja kita tanami dengan bermacam-macam tanaman agar tampak lebih hijau. Hijaunya tumbuhan menandakan bahwa tumbuhan itu akan segera menyera CO2 yang ada disekelilingnya dan menggantinya dengan O2 yang kita butuhkan. Intensitas karbon dioksida di dunia cukup tinggi. Dan pada tahun 2011 saja, hutan dunia dikabarkan hanya mampu menyerap 40% kadar CO2 di dunia. Hutan-hutan di dunia seperti Amazon, Hutan Indonesia, Kongo dan lain sebagiannya telah menjaga dunia sekian lama. waktu semakin bergulir, sedikit demi sedikit luas hutan dunia semakin berkurang. Terlebih lagi hutan kita, Indonesia. Menurut data Dinas Kehutanan hutan Indonesia telah rusak dan beralih fungsi. Dan saat ini hanya tersisa 48 Juta Hektare Hutan Indonesia untuk menopang kita dan orang-orang lainnya di dunia. Penanaman pohon atau tanaman di pekarangan atau perkotaan dapat membantu mengurangi emisi CO2 di udara. Dan merupakan salah satu hal kecil yang dapat kita lakukan.
  • Buang sampah ditempatnya, Banjir, Malaria dan penyakit lainnya adalah salah satu akibat tumpukan sampah di perkotaan. Sebagian orang sangat suka membuang sampah di sungai dengan cara membawa satu bungkus plastik hitam besar berisi sampah-sampah yang seharian mereka keluarkan kemudian membawanya dengan sepeda motor dan sesampainya di jembatan langsung di lempar (ke sungai). Sebuah pemandangan yang pernah saya temui. Sampah yang dibuang pada tempatnya akan mudah dipilah-pilah mejadi sampah plastik, sampah kering, sampah basah dan lain sebaginya dan  kemudian didaur ulang. Sampai saat ini sampah plastik masih menjadi masalah. Jika dapat kita daur ulang menjadi barang yang dapat dijual, bukankah itu hal yang sangat menguntungkan. Misalnya saja, sampah kita ubah mejadi tas, suatu ketika, saya pernah melihat acara TV, acara tersebut meliput sebuah kerajinan tangan dari sampah rumah tangga berupa bungkus sabun cuci. Dan hasilnya sangat menakjubkan, tidak tampak seperti sampah yang dibuang. Selain dapat diolah, membuang sampah pada tempatnya akan menjauhkan kita dari bahaya banjir yang datang karena tumpukan sampah di sungai-sungai.

Perbuatan kecil di atas memang tidak akan menyelamatkan bumi kita secara sempurna karena ada orang yang perduli dan ada juga yang tidak. Salah satu cara agar semuanya perduli dan mau menyelematkan bumi kita, perlu di buat peraturan yang disepakati bersama. Disitulah peran pemerintah berada. Kerjasama masyarakat dan pejabat pembuat undang-undang memang harus di buat lebih harmonis dan bermanfaat bagi semua.

0 Response to "4 Cara untuk Membantu Selamatkan Bumi ini"

Post a Comment