Latest Updates

Dampak Negatif Pemakaian Soft Lens untuk Kesehatan Mata

soft lens kesehatan mata
Bagi penderita Hypermetropi dan Miopi, soft lens merupakan pengganti kacamata yang menarik perhatian. Mengapa ? karena soft lens akan membuat pemakainya tidak perlu lagi membawa kacamata kemana-mana. Selain itu, soft lens yang diproduksi dibuat semenarik mungkin seperti pemberian warna. Warna pada soft lens menjadi ketertarikan tersendiri bagi penggunanya, terutama remaja. Apakah anda merasa demikian ? Tunggu dulu, mari kita lihat sisi positif dan negatifnya.

Ya, seperti yang dikatakan tadi bahwa soft lens memang praktis dan menarik perhatian Tapi, mari kita lihat dampaknya terlebih dahulu. Berikut ini dampak penggunaan soft lens bagi kesehatan mata.
  1. Mata Merah, Kadang-kadang, soft lens akan menyebabkan mata jadi merah. Bayangkan saja, kita mata terkena debu, apa yang terjadi ? Gatal, perih, dan mata merah. Itulah mengapa mata kita disebut sebagai organ yang sangat sensitif. Terlebih lagi, jika kita menggunakan soft lens, maka mata merah tersebut akan mengarah kepada peradangan dengan cepat  (Boldsky). Dan akibatnya kelopak mata menjadi bengkak sehingga anda perlu menunggu bengkak yang ada sembuh terlebih dahulu, baru kemudian menggunakan soft lens lagi.
  2. Infeksi, Pemakaian soft lens akan menyebabkan infeksi jika kebersihannya tidak dijaga. Penggunaan soft lens yang kotor akan mengundang penyakit. Pemakaian soft lens memang butuh perhatian khusus misalnya, masa pemakaian, masing-masing soft lens punya masa pakai yang berbeda-beda, ada yang satu bulan, dua, bahkan 3-6 bulan. Dan pengguna soft lens harus menaatinya.
  3. Alergi Mata, satu lagi, seperti yang dilansir Blacksky akibat dari menggunakan soft lens akan menyebabkan alergi mata. alergi mata ditandai dengan rasa pedih ketika kita tidak menggunakan mata. Jadi, waspadalah, waspadalah
Demikan tadi, akibat yang akan timbul ketika kita menggunakn soft lens. Maka dari itu, kita perlu benar-benar memikirkan sebelum menggunakannya.

Satu lagi, Penggunaan soft lens juga akan menyebabkan mata kekurangan oksigen. Mengapa mata membutuhkan oksigen ?  Ya, karena mata akan bekerja dengan baik dalam keadaan cukup oksigen. Kekurangan oksigen akan menyebabkan mata kering, bahkan, kekeringan permanen. Akibatnya, pandangan mata akan menjadi buruk.

Jadi, bukannya kita dilarang untuk menggunakn soft lens tapi, jika kita hendak menggunakan ada resikonya. dan untuk memperkecil resikonya kita harus tau cara yang tepat menggunakan soft lens.

demikian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Dampak Negatif Pemakaian Soft Lens untuk Kesehatan Mata "

Post a Comment