Latest Updates

Macam-Macam Penyakit mata yang Menular dan Cara Mengobatinya

Penyakit mata banyak sekali macamnya, ada yang menular, ada yang tidak menular. Selain itu, ada penyakit mata yang diturunkan ada juga yang tidak diturunkan. Penyakit mata yang menular disebabkan oleh virus atau bakteri. Berbeda dengan penyakit mata yang tidak menular, biasanya disebabkan oleh alergi atau turunan, bukan karena virus dan bakteri.
macam-macam penyakit mata
Sumber gambar : www.spar.co.uk

Penanganan jenis penyakit yang menular dengan tidak menular berbeda satu sama lain. Menurut anda bagaimana ? Saya pikir kita perlu 'mengasingkan' orang yang terserang penyakit mata yang menular. Jika dia seorang siswa, kemungkinan beser dia akan menulari kawan-kawannya. Untuk itu, mari kita kenali lebih jauh lagi macam-macam penyakit mata yang menular ini :

Macam-macam Penyakit Mata yang Menular

Penyakit mata yang menular disebabkan oleh virus dan bakteri. Virus dan bakteri ini akan menyebar melalui berbagai media. Media yang digunakan bisa apa saja. Tangan yang telah memegang mata, handuk, dan lain-lain. Berikut ini macam-macam penyakit mata yang menular.

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Keduanya punya potensi untuk menginfeksi mata. Gejala yang muncul pada penderita konjungtivitis adalah mata merah, mata gatal, terasa kering, kadang-kadang berair dan mengeluarkan kotoran berwarna putih. Konjungtivitis ini sangat mudah menyebar. Hasilnya, jika ada satu orang yang terjangkiti, maka orang-orang yang ada disekitarnya juga akan terjangkiti. Mudah menyebar dari mata yang sakit ke mata yang tidak sakit.

Penderita penyakit mata ini adalah siapa saja. Orang dewasa dan anak-anak dapat diserang. Jika anda sudah terlanjur menderita konjungtivitis, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyembuhkannya.
Pertama adalah kompres mata dengan air hangat. Dan kemudian, obati dengan salep atau tetes mata yang disarankan dokter.

Penyakit ini sangat mudah menyebar. Ada upaya untuk mencegahnya. Jika di antara kawan anda belum ada yang tertular, upaya pencegahannya adalah :

  • Jika menggunakan softlens. Gunakan softlens dengan benar. Gunakan softlens yang bersih dan ikuti aturan penggunaannya. 
  • Jaga kebersihan lingkungan
Jika sudah ada kawan, sahabat atau orang yang disekitar anda yang terinfeksi, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak tertular 
  • Tidak menggunakan handuk yang sama dengan si penderita.
  • Mencuci tangan setelah menyentuh mata mereka.
  • 'Mengasingkan' si penderita di dalam rumah sampai dia sembuh dan mengobatinya
Ini merupakan langkah yang dapat kita lakukan. Sebagai upaya pencegahan.

2. Trakoma 

Trakoma adalah penyakit mata ini yang disebabkan oleh Chlamydia Trachomatis. Penyakit trakoma ini disebabkan oleh lingkungan yang kotor dan sanitasi yang buruk. Penyakit mata ini sering menyerang anak-anak. Gejala yang ditampakan adalah mata merah, mata mengeluarkan kotoran, kelopak mata membengkak dan kornea keruh.  Trakoma ini dapat diobati dengan salep mata (obat untuk trakoma). Cara pencegahannya sama dengan Konjungtivitis karena sama-sama penyakit amta yang menular.

Itu dia, macam-macam penyakit mata yang menular. Hanya terdiri dari dua macam. Tapi jika dibandingkan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh alergi, gejalanya hampir sama. Misalnya, Dakrosistitis. Dakrosistitis disebabkan oleh alergi. Gejalanya, Mata merah, kelopak mata bengkak, terasa nyeri, dapat mengeluarkan nanah dan demam. Bedanya hanya ada pada demam dan mengeluarkan nanah dari mata.

Satu lagi, penyakit mata ini harus diobati, jika dibiarkan berlarut-larut akan mengundang masalah mata lainnya. Jadi, segera diobati.

Sekian dulu :)
Terimakasih atas kunjungannya :)

1 Response to "Macam-Macam Penyakit mata yang Menular dan Cara Mengobatinya"

  1. Thanks bro atas infonya, saya sekarang ini kena penyakit yang nomor 1 itu. Sekarang saya sudah tahu cara mengatasinya. :)

    ReplyDelete