Latest Updates

3 Penyakit Mata yang Berbahaya untuk Kesehatan Mata

penyakit mata untuk Kesehatan Mata
http://media.infospesial.net
Kawan, saya pikir akan ada yang bertanya apa yang dimaksud dengan 'Berbahaya untuk kesehatan mata' pada judul di atas. Jika iya, jawabannya adalah Kebutaan alias kehilangan pengelihatan secara permanen. Ada beberapa penyakit mata yang tidak akan menyebabkan kebutaan dan ada penyakit mata yang akan benar-benar membuat anda kehilangan pengelihatan. Jika seseorang sudah dinyatakan buta, maka akan sangat sulit mengobatinya. Jadi, Apa macam-macam penyakit Mata yang berbahaya bagi kesehatan mata ?

Sebelum itu, mari kita sedikit bicara soal Kebutaan pada Manusia.

Kebutaan pada manusia

Faktanya, di Indonesia banyak orang yang menderita kebutaan permanen. Rs. Mata Aini menyatakan bahwa katarak adalah penyakit mata yang paling sering menyebabkan kebutaan di Indonesia. Di samping itu,  penyakit retinoblastoma juga punya potensi untuk menyebabkan kebutaan bahkan kematian.

Sebenarnya, penderita katarak dapat disembuhkan dengan jalan operasi. Tapi, jika terlambat, maka harapan itupun hilang. Sama dengan penyakit lainnya, yang diperlukan disini adalah penangan yang tepat dan tanggap. Mari kita kenali, penyakit-penyakit yang dapat membahayakan mata anda, berikut ini ulasannya,


Macam-macam Penyakit yang Berbahaya bagi Kesehatan Mata

Memang, Penyakit mata punya banyak sekali jenis. Penyebabnya juga bermacam-macam. Tingkat Bahayanya juga bermacam-macam. Diantara itu semua, ada beberapa penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan, berikut ini adalah penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.
  • KATARAK- Penyakit Mata yang punya potensi untuk menyebabkan kebutaan adalah katarak, penyakit yang menunjukan anka paling tinggi. Katarak disebabkan oleh keburaman yang muncul pada lensa mata. Kondisi ini menyebabkan penderitanya seakan-akan melihat kabut saat melihat. Dan jika tetap berlanjut akan hilanglah pengelihatannya. Kebanyakan diderita para orang lanjut usia dan anak-anak. mengapa demikian ? Ada banyak faktor yang melatarbelakanginya.
  • GLAUKOMA- Katarak adalah penyebab kebutaan yang paling sering terjadi di Indonesia. dan glaukoma adalah penyebab kedua. Penyakit mata ini menempati urutan kedua dari jajaran penyakit mata yang paling sering menyebabkan kebutaan. Glaukoma adalah penyakit yang menyebabkan tekanan bola mata meningkat. Jenisnya dibedakan menjadi dua yaitu, glaukoma akut dan glaukoma kronik. Glaukoma akut terjadi secara mendadak, gejalanya, nyeri pada bagian mata, sakit kepala, mata buram, dan seakan-akan melihat pelangi disekitar sumber cahaya. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan kebutaan. Sedangkan glaukoma kronik adalah glaukoma yang terjadi secara perlahan, biasanya para pasien baru sadar saat penyakitnya sudah parah.
  • RETINOBLASTOMA- Retinoblastoma adalah salah satu penyakit mata yang juga punya potensi untuk menyebabkan kebutaan. Penyakit mata ini disebabkan oleh tumor ganas yang ada di retina mata atau bisa juga di daerah saraf. Tumor ini dapat menjalar kemana-mana. Dan jika tidak ada penanganan lebih lanjut, maka akan menyebabkan kebutaan, bahkan kematian. Tanda-tanda awal yang dapat kita amati adalah muncul bintik warna putih keruh, kuning atau merah muda pada bagian tengah mata atau bagian pupil. Tapi, kadang-kafang orang tidak sadar akan tanda-tanda ini, dan pergi ke dokter saat sudah agak besar. Biasanya ini terjadi pada anak yang usianya 6 bulanan atau lebih. Mengapa ini terjadi pada anak-anak ? Ada yang bilang penyakit retinoblastoma mendekati sangat dekat penyebabnya dengan faktor keturunan.
3 Penyakit mata di atas ini sangat populer. Mereka dapat menyerang siapa saja. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Saran saya adalah hidup dengan pola yang sehat, tidak merokok, asupan gizi yang cukup, dan menghindari paparan matahari. 

demikian
terimakasih banyak atas kunjungannya :)
Silahkan berkunjung lagi dan memberikan masukan tentang informasi yang kami berikan :)
Saya sangat senang jika anda mau berbagi informasi dengan kami disini. :)

4 Responses to "3 Penyakit Mata yang Berbahaya untuk Kesehatan Mata"

  1. Waduh, ngeri-ngeri juga ya sakit mata jaman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang,
      makanya kita kudu bisa jaga kesehatan mata :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete