Latest Updates

Ternyata Kopi Baik untuk Kesehatan Jantung, Mengapa ?

Kopi, minuman ini memang nikmat. 'Aksesoris' yang harus ada waktu 'nongkrong' bareng temen. Minuman yang bisa dijadikan teman waktu lembur kerjaan. Ada yang bilang, kopi tidak sehat. Ada juga yang bilang kopi juga ada gunanya. Semua ada keterangannya.

Kopi banyak manfaatnya. Salah satunya untuk Jantung sehat kita. Benarkah kopi yang dikenal luas menyebabkan jantung berdebar-debar ini baik untuk jantung ? Ya, jika dalam takaran yang pas.

Kandungan Kopi

Kandungan Kopi yang banyak dikenal oleh orang adalah kafein. Apa yang disebut dengan kafein ? Singkatnya, Kafein adalah salah satu senyawa yang dapat merangsang sistem saraf pusat. 

Sejarah mengatakan bahwa penggembala Ethiopia pada masa lampau pernah memakan kopi, hasilnya, mereka berperilaku aneh, lebih energik dan lebih riang dari pada biasanya. Kafein akan memberikan sensasi segar, senang dan gembira. Dalam takaran yang pas, kafein baik untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan jantung. 

Mengapa Kopi Baik untuk Kesehatan Jantung ?

Tadi,  saya bilang kafein (kandungan yang ada di kopi) baik buat jantung. Tapi, Mengapa Kafein baik untuk jantung ? 

Dalam takaran yang pas memang baik. Alasan yang mendasari pernyataan tersebut adalah sebuah penelitian tentang kopi dan jantung yang melibatkan 83.000 partisipan. Hasilnya, orang yang mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari punya resiko 20 % lebih rendah daripada yang tidak. 

Lalu, apa yang terjadi jika Berlebihan ?

Semuanya harus pas, berlebihan juga tidak baik. Kopi (atau kafeinnya) yang berlebihan dapat memicu beberapa gejala yaitu, Gelisah, Sering buang air kecil, insomnia. Bahkan, akan menyebabkan kejang otot, kepanikan dan gangguan denyut jantung. 

Jadi, konsumsi kopi pada takaran yang pas, tidak berlebihan.

0 Response to "Ternyata Kopi Baik untuk Kesehatan Jantung, Mengapa ?"

Post a Comment