Latest Updates

4 Cara Menghilangkan Stress

cara menghilangkan stress
Apa anda sedang tertekan ? Dan merasa bahwa hidup ini sangat sulit. Kita tahu apa yang sudah terjadi pada diri kita masing-masing. Stress atau merasa tertekan pasti ada pemicunya.

Stress dapat menyerang siapa saja. Bahkan, setiap orang pernah mengalami stress. Fakta ini tidak bisa dipungkiri. Pengusaha, pejabat, maupun tukang ojek juga bisa stress.

Sebelum kita berbicara tentang bagaimana cara menghilangkan stress, kita perlu paham apa yang disebut dengan stress. Stress adalah sebuah kondisi dimana seseorang merasa tertekan.

Ada banyak Hal yang dapat menyebabkan seseorang merasa tertekan. Tumpukan tugas yang ada dikantor dapat menyebabkan seseorang tertekan. Bertengkar dengan kawan, Kesulitan ekonomi atau ditinggal oleh orang yang dikasihi juga dapat menyebabkan stress.

Cara mengobati stress yang paling mujarab adalah mengendalikan pikiran dan menyelesaikan masalah yang menyebabkan stress tersebut. Dan berikut ini tips-tipsnya.

1. SADARI PENYEBAB STRESS- Apa yang penyebabnya ? Kita harus mengetahui apa yang menyebabkan stress. Apakah tugas kantor, perselisihan dengan kawan, atau masalah ekonomi. Kita perlu tau apa penyebabnya.

Setelah mengetahui, segera take action untuk menyelesaikan masalah tersebut. Segera ambil tindakan. Kita harus menghancurkan masalah yang sedang menghadang karena itu adalah sumber utama stress.

Memang, mengetahui penyebab stress saja tidak cukup untuk meredakan stress. Untuk menghilangkannya kita membutuhkan solusi. Dan Solusi tersebut bisa anda dapatkan dengan cara memikirkannya sendiri atau meminta saran dari orang lain. Tapi, kita tetap harus tau apa yang menyebabkan kita tertekan.

2. MENCURAHKAN HATI KEPADA TEMAN YANG DIPERCAYA- Tips yang kedua adalah mencurahkan hati kepada teman. Setiap orang perlu mencurahkan hatinya kepada teman yang dipercaya, terutama saat stress. Jika anda pergi kepada orang yang tepat, maka mereka akan memberikan solusi yang dapat menyelesaikan masalah anda.

Memendam stress juga tidak baik, jika kita tidak mampu untuk menyelesaikannya. Jadi, Saat anda merasa tertekan, datangilah orang-orang yang menurut anda dapat memberikan saran.

3. UBAH EKSPRESI WAJAH- Tips yang ketiga adalah merubah ekspresi wajah. Saat marah, manusia memunculkan ekspresi wajah marah. Saat senang, manusia memunculkan ekspresi wajah senang. Dan masing-masing ekspresi berbeda.

Sebuah Konsep yang perlu kita pahami adalah “Merubah gerakan, maka merubah emosi”. Saat tertekan, maka kita memunculkan ekspresi marah, bingung, cemas, dan lain-lain. Rasa tertekan tersebut membuat kita tidak nyaman. Malah, Juga akan membuat produktivitas kita menurun. Kita bisa merubah rasa tertekan tersebut dengan merubah ekspresi wajah tersebut.

Cobalah untuk tersenyum. Saat stress, lakukan ini sendirian di dalam kamar. Saat tersenyum, perasaan kita akan berubah. Di dalam benak kita akan muncul sesuatu yang membuat kita senang. Tersenyum seperti itu dapat meringankan beban pikiran. Jadi, kenapa kita tidak mencobanya ? : )

4. CARI SUASANA BARU- Tips untuk menghilangkan stress yang selanjutnya adalah mencari suasana baru. Tips ini sangat efektif untuk menghilangkan stress yang disebabkan oleh kebosanan.

Setiap orang butuh jeda saat bekerja. Bekerja terlalu lama akan menyababkan pikiran stress. Dan saat itu terjadi, kita perlu keluar untuk mencari suasana baru agar pikiran kembali segar.

Empat tips diatas berguna untuk mengubah perasaan kita. Jangan sampai kita tenggelam dalam perasaan kita sendiri. Segera ubah, dan ambil tindakan.

Memang, tips tersebut dapat menjadikan perasaan anda lebih baik. Tapi, Akar permasalahan stress adalah masalah yang kita hadapi. Masalah itu harus segera diselesaikan. Jika tidak, kita akan tetap merasa tertekan sampai masalah itu terselesaikan.

Nah, sekian
Mudah-mudahan bermanfaat, : )

4 Responses to "4 Cara Menghilangkan Stress "

  1. Setiap orang pasti pernah mengalami stres, makasih buat tipsnya sob sangat bermanfaat supaya kita bisa mengatasi stres karena dapat mengakibatkan kerugian baik jasmani maupun rohani.

    ReplyDelete
  2. Jaga kesehatan fisik. Terutama,, paksa untuk jangan males mandi :) dan Perbanyak mengingat tuhan (dzikir) atau dahsyat lagi kalo sering bangun malam. Pasti wajah akan bercahaya..

    ReplyDelete
  3. iya,
    pkoknya jangan sampe males mandi :)

    ReplyDelete